TENTANG

Cangkeman.net adalah media kecil tempat penampungan misuh-misuh, tempat rehat sejenak dari bisingnya arus informasi digital dan kesibukan dunia nyata. Dibangun atas dasar rasa jengah dan keresahan terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar. Kami pun mencoba menjadi wadah bagi penulis yang memiliki keresahan dan kejengahan yang beragam. Konten yang kritis, analitik, serta menggelitik adalah asupan-asupan bergizi bagi kami dan pembaca setia Cangkeman.


Cangkeman memiliki artikel yang beragam dan menarik. Saat ini kami memiliki beberapa tema yang terdiri dari :

  • Berisi kritik dan misuhan tentang berbagai kelucuan yang terjadi dalam transformasi digital di Indonesia dan kadang sindiran akan kekonyolannya kita dalam penggunaan alat digital dan berbagai kesembronoannya yang masih banyak dilakukan netizen +62, apalagi pemerintahnya, eh. jangan lupakan hashtag #DigitalDigitalTaiKucing ya.
  • Kategori berisi berbagai respon dari berbagai kejadian sosial sehari-hari. Respon receh tentang realita kehidupan seseorang sampai isu yang berkembang luas di masyarakat, dikemas secara ringan dan nyentil
  • Kadang dinamai Cangkem Riset. Pastinya riset dan penelitian di sini tidak sesuai dengan pakem penelitian yang ditentukan oleh para pakar. Yang dimaksud di sini adalah riset kecil-kecilan berdasarkan data yang berhamburan di semesta. Kadar validitasnya tentu berbeda-beda
  • Jangan kira konten di sini hanya untuk salah satu agama saja. Bahkan Cangkeman terbuka untuk semua agama, karena sifat universal dari agama tidak bisa kami kotakkan menjadi hanya satu aliran atau kepercayaan saja. Bahkan artikel tentang ateisme pun bisa kami publikasikan, tentunya jika memuat unsur dasar dari agama itu sendiri, yaitu kasih sayang.
  • Media misuh-misuh mengapa harus ada rubrik puisi? Loh, justru banyak contoh para penyair yang menyuarakan respon sosialnya melalui puisi. Selain membawa pesan yang terkandung, puisi banyak dikatakan sebagai semesta tersendiri dalam dunia kepenulisan, bagaimana kami menolak semesta itu?
  • Buat kamu yang hobi olahraga, atau cuma menyukai pembahasan tentang olahraga, di sinilah habitat yang tepat. Tapi jangan dulu berharap rubrik ini akan sering ada postingan baru. Kami masih butuh sentuhan para rekan olahraga untuk meramaikannya. Bisa dong!
  • Tulisan yang menyentil ke ranah politik akan masuk ke dalam rubrik ini. Kami menerima tiap pandangan politik selama tidak menjelekkan unsur lawan. Karena kami percaya politik bukan hanya tentang hitam dan putih, merah atau hijau, biru atau kuning. Tapi justru dipenuhi oleh unsur abu-abu. Jadi, jangan takut untuk menyuarakan aspirasi politik melalui Kliktivisme.
  • Di sini tempatnya segala pembicaraan tentang dunia digital, elektronik dan internet. Kami tidak menggunakan istilah Cangkem Tekno, tapi justru Cangkem 404, karena kita semua paham bahwa masih banyak sekali error dalam keseharian digital kita, dan tiap error yang terjadi adalah sumber konten yang berharga untuk dibagikan, yuhu.
  • Di sini kita akan me-review segala hal yang bisa diulas. Mulai dari review buku, review website, review artis, review warteg, review jalan raya, review iklan, bahkan hanya mereview sebuah kata aja. Buat kamu yang ingin ikutan, kirim review-mu seunik-uniknya.

Bukan tidak mungkin akan ada banyak tema lagi yang tersedia di sini. Para pembaca bisa menyarankan tema-tema baru pada kami melalui kontak yang tersedia.

Tulisan di Cangkeman terbit setiap hari yang diramu oleh para Punggawa Cangkeman. Selain itu, kami juga menerima kiriman dari para kontributor yang rela mengirimkan karyanya untuk diterbitkan di sini.

Kalau kamu berminat menuliskan keresahannya di sini, kamu bisa mengirim pesan elektronik (email) ke cs.cangkeman@gmail.com. Tapi sebelumnya kamu harus baca Halaman IKUT NYANGKEM terlebih dahulu untuk mengetahui cara mengirim tulisan di media ini.

Salam Hangat,
Berani Bicara Itu Baik!
Cangkeman.net