Daripada Insecure, Yuk, Branding Personality!

Jeffrey Czum on Pexels

Penulis:            Kanaya Afflaha Nissa
Editor:              Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - "Insecurity dan personality" adalah dua kata yang banyak -atau setidaknya pernah- kita dengar, bukan? Tentu untuk teman-teman remaja sudah sering mendengar dan bahkan tidak asing yaa dengan kedua kata itu. Kata yang mungkin seringkali lewat di beranda sosial media kalian, ataupun kata yang seringkali kalian perdebatkan saat berbincang dengan teman/sahabat, keluarga, pacar, dan lain-lain.

Insecurity yang biasa dikenal dengan insecure merupakan perasaan kurang percaya diri ataupun ragu terhadap diri sendiri. Perasaan-perasaan tersebut seringkali menghantui aku, kamu ataupun kita semua tentunya. Lalu apasih personality itu? Personality atau kepribadian ialah perilaku seseorang yang membedakan antara individu satu dengan individu yang lain, bisa dikatakan pula bahwa setiap orang mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas terkait insecurity dan personality. Penulis ingin aku, kamu ataupun kita semua yang suka insecure perlahan-lahan mengurangi hal tersebut dan bersemangat untuk meningkatkan kepribadian baik kita. Bagaimana sih caranya kita dapat berhenti dari sebuah rasa tidak percaya diri dan berusaha untuk membranding kepribadian diri? Berikut 4 tipsnya~

1. Stop Membanding-bandingkan Kekurangan Kamu dengan Kelebihan Orang Lain
Pernyataan di atas mungkin sudah sering teman-teman dengar yaa, tapi agak susah sepertinya untuk diterapkan. Tidak apa-apa, kita dapat melakukannya dengan perlahan-lahan kok, bisa dimulai dengan kamu bersyukur atas kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kamu. Melihat kelebihan orang lain pun boleh-boleh saja kalau itu dapat kamu jadikan sebagai contoh atau penyemangat diri kamu. Tetapi lain halnya jika kamu melihat kelebihan orang lain lalu membandingkan dengan kekuranganmu, itu sama saja kamu menjelek-jelekkan apa yang ada di diri kamu (tidak bersyukur).

Ingat yaa, setiap manusia tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita patut bersyukur dengan apa yang ada di dalam diri kita, karena kita semua sempurna dengan caranya masing-masing. Setiap orang mempunyai masa kesuksesannya masing-masing, jadi bukan hak kita untuk kejar-kejaran mengikuti masa kesuksesannya orang lain. Kita cuma perlu fokus untuk mencapai kesuksesan diri kita.

So, stop membanding-bandingkan apa yang ada di dirimu dengan apa yang ada di diri orang lain yaa!

2. Stop Memikirkan bahkan Takut dengan Komentar Orang Lain
Selama kegiatan yang kamu lakukan itu positif dan tidak merugikan orang lain, buat apa kamu ketakutan dengan pendapat mereka?

Untuk aku, kamu dan kita semua berhak loh melakukan apapun atau membagikan apapun di sosial media. Selama kegiatan yang kamu lakukan itu baik untuk diri kamu dan tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain, mari berhenti untuk takut nantinya akan mendapatkan komentar apa dari orang lain. Siapa tau apa yang kamu lakukan itu dan kamu bagikan di sosial media, justru bermanfaat untuk orang lain.

3. Tekunin Hobi Kamu
Mulai saat ini, mari melakukan kegiatan yang kamu suka dan menyukai kegiatan yang sedang kamu lakukan. Buang jauh-jauh kegiatan yang tidak kamu sukai atau bahkan merugikan kamu. Jika dirasa itu bukan passion kamu, kamu berhak kok meninggalkannya. Di hidup, kamu dihadapkan oleh berbagai macam pilihan. Kamu bisa menolak jika kamu tidak suka, pun kamu bisa menerima jika kamu suka.

Dengan menekuni hobi kamu atau melakukan segala sesuatu yang kamu suka, tentunya kamu tidak akan ada waktu untuk insecure atau bahkan membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain, perlahan-lahan kamu pun dapat meningkatkan personality kamu. Siapa tahu, hobi kamu bisa membuahkan pendapatan untuk kamu. Jadi, jangan ragu-ragu jika ingin menekuni hobi!

4. Share Pencapaian Kamu!
Mengapresiasi diri sendiri pun perlu loh, bukan berarti kamu sombong. Sesekali atau bahkan setiap kamu bisa mencapai sesuatu hal, boleh saja kamu share atau bagikan ke orang lain. Bisa melalui sosial media, atau kamu bagikan jika sedang berbincang dengan teman-temanmu. Siapa tau pencapaian kamu dapat menginspirasi orang lain. Dengan begitu, kamu telah melakukan branding personality.

Di atas merupakan 4 tips yang bisa dilakukan oleh teman-teman agar perlahan mengurangi insecure dan meningkatkan personality yang baik. Kalau kalian, mempunyai tips apa lagi nih?

Tips di atas, Semoga Bermanfaat Yaa!!!

Kanaya Afflaha Nissa

Mahasiswi Bahasa dan Sastra Indonesia Pecinta Langit