13 Kuliner Tuban yang Paling Nikmat


Penulis:                Kharirus Saidiyah el Firda
Editor:                  Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Bagi teman-teman yang hobi traveling, apakah sudah coba ke kota Tuban, Jawa Timur? Wilayah Kabupaten Tuban berada di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa. Luasnya adalah 1.904,70 km² dan panjang pantai mencapai 65 km. Tuban disebut Kota Wali karena Tuban adalah salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam. Eitss… bukan hanya itu saja, bagi kalian pecinta kuliner yang berbau pedas-asin, wah sangat cocok. Kali ini saya akan memberikan rekomendasi kuliner mantap yang tak boleh terlewat saat kamu di Tuban,

1. Depot Mbak Iin Manunggal
Di sini jual masakan rumahan khas masyarakat pesisir pantai dengan khas bumbu yang kaya akan rempah-rempah sehingga menonjolkan rasa pedas dan asin. Lokasinya di Jl. Tuban - Babat No.Km. 3, Dondong, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381 manunggal. Menu spesial yang tidak boleh terlewatkan adalah cumi hitam. Tidak seperti lainnya yang dimasak dengan cara ditumis, tapi cumi hitam khas tuban dimasak berkuah hitam dan diberi santan di dalamnya. Perpaduan rasa gurih bumbu rempah, dan cumi yang kenyal dipadukan nasi putih hangat tidak usah diragukan lagi. Selain itu, disini juga lengkap menu khas tuban lainya seperti garang asem, ulas-ulas pe, asem-asem daging, brengkes pindang hingga botok lamtoro. Untuk harganya sendiri masih ramah kantong. Saran kalau mau kesini jangan sampai lewat dari jam 2 siang karena masakan biasanya sudah ludes diburu.

2. Ketan Pasar Baru
Pecinta kuliner malam yuk, merapat. Menu yang satu ini banyak dong pastinya dimana-mana. Eits… jangan salah, ketan Tuban berbeda. Rasa ketan di sini dominan rasa pedas-asin. Selain rasa asin gurih dari ketannya, ada juga dari parutan kelapa muda. Nah, yang juara di sini itu ketannya dikasih sambal parutan kelapa yang sudah dicampur bumbu dengan rasa yang pedas. Biasanya ada yang disajikan dengan bentuk bubuk ada juga yang bentuk kasar murni parutan kelapa. Oh ya, pendamping istimewa di sini adalah tempe gimbal (tempe bertepung) yang masih hangat. Lokasinya ada di deretan luar pasar baru Tuban Jl. Gajahmada No.32, Kebonsari, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62315. Tidak perlu masuk ke pasar karena sudah banyak pedagang berjejer sepanjang jalan. Bisa langsung kesini mulai di jam 19.00 WIB sampai tengah malam.

3. Pecel Mbak Ve
Pecel di Tuban rasanya pedas. Apalagi di tempat satu ini. Lokasi di jalan basuki rahmat (depan fave hotel) yang buka mulai jam 18.00. Kalau mau beli makan di sini harus sabar ya, karena antrinya lumayan hehehe… salah satu kekuatan pecel ini adalah rasa pedasnya yang luar biasa dibanding yang lain. Selain itu lauk-pauk di sini juga semua dimasak dengan rasa yang pedas. Ada sambal goreng ati, sambel penyet ikan pe, sate usus, sate telur puyuh, dll. Tapi tenang aja, kalau yang gak suka pedes tapi masih penasaran rasanya ada juga yang gak pedes kok pecelnya tinggal bilang saja. Karena konsep makan pinggir jalan jadi harganya juga terjangkau pastinya.

4. Seafood Bang Toyib
Rasanya kalau ke Tuban gak makan seafood gak afdol ya, hehehe… nah yang satu ini, rekomendasi makan seafood yang bisa dibilang dapat rasa dapat view. Asikk.. tempat makannya di gubug / saung yang langsung mengarah ke pemandangan cantik pantai Tuban. Deburan suara ombak dan hembusan angin pantai akan membuat nyaman lama-lama di sini. Rasa seafood di sini gak perlu diragukan karena masih fresh saat dimasak dan hasil nelayan sendiri. Tapi harus sabar nih kalau mau makan di sini, karena kita wajib reservasi minimal dua hari sebelumnya karena sangking ramainya permintaan. Tenang saja, bakal sepadan kok sama yang didapat.

5. Nongki Cafe Suraloka
Mau cari ketenangan dan cemilan ringan? Ada juga nih lokasi rekomendasi di cafĂ© suraloka yang berlokasi di Panggung sari, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381. Tadi kita sudah puas menikmati pantai, geser dikit kita menikmati keindahan dari atas gunung. Yang lagi bosen kalau ngopi bawaanya di mall, Nah…ini beda karena ngopinya di bukit gunung. Dari sini kita bisa lihat pemandangan asri Kota Tuban dari ketinggian. Angin sepoi-sepoi terasa melambai-lambai dong. Jam buka pukul 15.00 WIB. Kalau mau yang sweet dengan lampu-lampu datangnya malam hari, tapi kalau yang mau lihat hijaunya pemandangan sore hari adalah waktu yang tepat. Oh ya, saran biar lebih mantap ke sini pesan coklat hangat.

6. Rajungan remason
Menu andalan selanjutnya adalah rajungan remason di Jl. Manunggal No.100, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62318. Rajungan disini tidak seperti biasanya yang diolah menjadi rajungan asam manis, rajungan black paper, atau rajungan saus telur asin. Tapi, Tuban memiliki olahan khas rajungan dengan kuah kari yang sangat pedas. Yah, namanya saja remason jadi rasanya pedas, panas, asin. Kayak orang yang sedang masuk angin terus dilumuri remason sebelum kerokan hehehe… siap-siap deh kalau makan di sini tisu yang banyak. Buat yang suka tantangan pedas, hayukk… hajar lah kesini.

7. Warung Bagong
Buat kalian pecinta belut, ini bisa jadi rekomendasi lidah bergoyang. Cara masak belut di warung ini berbeda dari lokasi lain. Belut yang sudah dibersihkan, digoreng setengah kering lalu dimasak lagi dengan bumbu rempah dan diungkep hingga air surut hingga bumbu merasuk. Jika berkunjung ke sini bisa mulai pukul 09.30 WIB. Jangan siang-siang kalau kesini ya, karena bisa dipastikan menu ini cepat ludes. Catat lokasi nya Jl. Mojopahit, Dukoh, Tegalagung, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381. Jangan sampai lewatkan kuliner khas satu ini ya.

8. Pelas Palang
Saatnya cari cemilan malam khas Tuban yang menggemparkan. Agak melipir sedikit dari kota ya, tapi tenang tidak terlalu jauh dari pusat kota kok. Yang sedang bertanya-tanya pelas itu apa ya? Pelas itu sama dengan dadar jagung atau bakwan jagung. Pembedanya terletak di cara masak yang diproses saat ada pelanggan yang pesan alias dadakan. kalau gorengan umumnya kan selalu ready stok. Hal ini diyakini pedagang bahwa kenikmatan pelas berbeda jika disantap selagi hangat. Apalagi racikan bumbu khusus mereka yang bikin mata melek saking pedasnya. Pelas palang bisa ditemui di Jl. Raya Dandeles, Palang Selatan, Palang, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62391. Sepanjang jalan ini pelas palang akan mudah dijumpai mulai pukul 16.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB

9. Warung Becek Sor Sawo
Bagi pecinta mentok segera merapat. Di warung ini menyediakan olahan mentok seperti becek mentok dan sate mentok. Eitss… becek disini bukan berarti tanah yang kena air dan menjadi genangan ya, melainkan salah satu kuliner yang wujudnya mirip gule, tapi rasanya perpaduan antara gule dan kare / kari. Pastinya akan membuat lidah siapapun yang mencoba akan bergoyang deh. Rasa khas yang menonjol pedas dan asin berkuah santan berwarna kuning menjadi idola. Umumnya becek diolah dengan isian daging sapi, tapi di warung ini diganti dengan mentok / entog / sejenis keluarga bebek. Selain karena olahan yang menarik dinamakan sor sawo karena lokasi warung yang berada di bawah (ngisor disingkat sor dalam bahasa jawa) dan sawo yang berarti pohon sawo. Warung ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB, karena kalau datang di atas jam tersebut dipastikan makanan sudah ludes. Lokasi tidak jauh dari pusat Kota Tuban, Jl. Mojopahit Gg. Buyung No.180, RT.01/RW.03, Krajan, Karang, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381.

10. Rujak Engos-Engos Rumput Laut
Makanan yang satu ini memang sudah tergolong langka di daerah Tuban. Selain adanya hanya di daerah tertentu di Tuban, stok rumput laut nelayan juga kadang tidak menentu. Secara pokok makanan ini sama seperti layaknya rujak pada umumnya. Namun, sebagai pelengkap buah-buahan pedagang akan menambahkan rumput laut ke dalam sajian. Kalian juga bisa request mau rujak bumbu kacang apa rujak petis. Yang menjadi idola adalah rujak petisnya karena petis yang digunakan khas Tuban yang memiliki rasa ikan yang kuat. Tapi bagi kalian yang tidak suka berbau menyengat pada ikan, tenang saja masih bisa pesan rujak bumbu kacang. Rujak tersebut mudah ditemukan lokasinya di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tepatnya di utara jalan raya Dandeles sebelah timur pertigaan Rembes. Sepanjang jalan banyak berjulan tinggal pilih saja. Namun, karena tidak setiap saat ada, maka sekali ada kisaran waktu pagi hingga siang saja karena banyak diburu pastinya.

11. Jajanan Dumbek
Makanan satu ini tergolong seperti jajanan pasar. Sebagai teman kue apem, kue kucur / cucur, biasanya ada makanan khas satu ini. Teksturnya seperti jenang tapi rasanya tidak semanis jenang. Salah satu yang buat dia istimewa adalah dibungkus daun lontar yang dililit dan berbentuk kerucut. Rasanya sangat lezat cocok untuk cemilan pagi ditemani teh hangat. Jajanan dumbek ini bisa ditemui di pasar baru Tuban pada pagi hari saja. Biasanya tidak perlu susah mencarinya sampai kedalam pasar karena di pintu masuk pasar sudah ada yang menjual. Makanan khas legendaris ini pastikan tidak terlewat ya teman-teman, karena rasanya yang pasti anda suka.

12. Keripik Gayam
Gayam merupakan tanaman khas bagi warga Desa Sumber Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Tak heran, pohon buah yang dikenal sebagai pohon yang angker/seram inipun buahnya dapat diolah senikmat dan serenyah mungkin, hingga bisa memanjakan lidah. Bagi yang suka ngemil pastinya akan cocok. Ini juga bisa jadi alternatif oleh-oleh saat mengunjungi Kota Tuban. Rasanya yang asin dan gurih membuat keripik ini banyak digemari. Dengan irisan gayam yang tipis akan membuat rasanya begitu renyah. Untuk mendapatkan kripik gayam ini biasanya di jual di pasar merakurak yang berlokasi di JL Raya Sambonggede, No. 127, Sambonggede, merakurak, Krajan, Sambonggede, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352. Pasar ini hanya beroperasi mulai pagi hingga siang hari saja, jadi yang mau berburu makanan khas nan langka ini harus siap-siap bangun pagi hehehe...

13. Keripik Daun Jati
Masih di dunia perkripikan nih, selain kripik gayam yang mantul rasanya, ada kripik daun jati olahan baru khas Kota Tuban. Karena wilayah Tuban masih banyak ditemui tanaman jati, maka inovasi kuliner ini muncul. Walaupun dia pendatang baru di kuliner, Eitss… rasanya gak usah diragukan lagi. Gurih dan renyah kripik daun jati ini membuat anda siap-siap ngemil tanpa henti dan pastinya ketagihan dong. Makanan khas ini berasal dari Desa Kowang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Sensasi rasa bumbu yang tabur pedas dan asin jadi makin membuat ciri khas makanan ini muncul. Cocok untuk masuk keranjang oleh-oleh kalian saat berlibur di Tuban ya…

Nah. Itu tadi rekomendasi kuliner Tuban yang belum banyak orang tau dong pastinya. Kelezatan Kuliner Tuban dari mata, turun ke mulut, nancep di hati jadi susah lupa dan pengen balik lagi deh dijamin. Tunggu apa lagi, agendakan yuks…wisata kuliner di Kota Tuban bersama keluarga, bestie, dan orang tersayang. Jangan lupa siapkan perut dan lidah kalian ya, karena pastinya wisata kuliner disini akan sangat istimewa.

Kharirus Saidiyah el Firda

Wanita Matahari_Berkarya Bukan Bergaya