Selain Ikut Organisasi, Hal Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

Irgi Nur Fadil on Unsplash

Penulis:        Salma Farikha
Editor:          Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Bagi mahasiswa organisator, organisasi menurut mereka adalah kegiatan wajib yang harus diikuti dari awal masuk kuliah hingga semester tua sekalipun. Mahasiswa organisator biasanya akan lebih mementingkan organisasinya dibanding akademiknya. Tak dapat dipungkiri bahwa mengikuti organisasi memang memiliki segudang manfaat untuk diri kita kedepannya.

Namun, tak sedikit pula ada mahasiswa yang paling anti organisasi, biasanya tipe mahasiswa yang kayak gini lebih mementingkan nilai akademiknya. Nah, berikut ada beberapa rekomendasi kegiatan buat meningkatkan kualitas dirimu tanpa takut ganggu kuliah kalian.

1. Ikut Magang atau Volunteer Saat Libur Semester
Libur semester di dunia perkuliahan nggak hanya satu atau dua minggu saja, melainkan satu bahkan hampir dua bulan lamanya. Di musim libur semester kayak gini biasanya instansi, lembaga, maupun komunitas membuka magang atau lowongan menjadi volunteer.

Nah, kegiatan ini cocok buat ngisi waktu libur kalian yang selama ini nggak ikut organisasi atau kerja. Karena biasanya magang atau menjadi volunteer-nya juga selama libur perkuliahan kok, daripada cuma rebahan dan mendiamkan otak selama dua bulan, mending ikut magang atau volunteer. Lumayan buat nambah relasi, cari pengalaman, belajar team working, dan ngasah kemampuan soft dan hard skill lainnya.

2. Bekerja Freelancer
Kalau kalian pengen punya penghasilan tapi takut berpengaruh sama nilai akademik, kalian bisa cari kerja secara freelance yang artinya kalian bisa kerja sewaktu-waktu menyesuaikan jadwal kuliah kalian.

Kalau enggak bisa kuliah sambil kerja karena terhalang restu orang tua tapi pengen dapat cuan, kalian bisa loh nulis artikel lalu dikirim ke sini. Ini merupakan salah satu media yang akan memberikan honorarium bagi kontributor yang tulisannya berhasil lolos kurasi (enggak endorse ya, hehe). Jadi enak bangetkan, rebahan tapi dapat cuan.

Menulis itu juga merupakan salah satu skill yang harus kalian punya, mengingat kita nanti pasti bakalan ngerjain skripsi buat dapat gelar sarjana. Kalau udah biasa nulis insya Allah gampang kok skripsiannya, hehe.

3. Ikut Program Sertifikasi Keahlian
Kalau melihat pamflet di instagram, whatsApp entah di grup maupun story, dan media sosial lainnya terkait pelatihan desain grafis, mengoperasikan microsoft exel dan word, jago adobe ilustrator, dan pelatihan lainnya yang benefitnya bersertifikasi keahlian jangan pernah di-skip.

Karena sertifikat keahlian itu bisa kalian masukkan di CV maupun portofolio nglamar magang, volunteer, atau kerja.

4. Belajar Menguasai Bahasa Asing
Bisa berbahasa inggris, arab, dan bahasa asing lainnya jadi nilai plus di instansi yang akan kalian tuju. Selain itu, sekarang ini juga banyak banget beasiswa kuliah di luar negeri. So, kalau kalian mau kuliah di luar negeri paling tidak kalian harus bisa berbahasa inggris biar bisa berkomunikasi dengan baik, mengingat Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang sebagian besar digunakan di luar negeri.

Sekarang kalau mau belajar Bahasa Inggris nggak perlu repot-repot harus datang ke tempat kursus dan nggak perlu khawatir soal biaya. Karena, kalian bisa belajar bahasa asing di rumah melalui video-video pembelajaran di kanal youtube. Di sana banyak banget materi dari dasar sampai high dan dengan tutor yang beragam, tinggal kalian pilih deh mau tutor yang mana yang menurut kalian mudah dipahami.

Itulah tadi beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dirimu sebagai mahasiswa selain ikut organisasi. Bagi mahasiswa yang ikut organisasi juga boleh kok ikut beberapa kegiatan yang ada di atas, mahasiswa organisator kan pada jago multitasking ya kan?

Salma Farikha

Mahasiswi ILPUS di salah satu UIN di Jatim.