Karakter One Piece yang Bisa Memanifestasikan Law of Attraction


Penulis:    Nadia Efanali
Editor:     Thiara

Cangkeman.net - Ucapan adalah doa
Seberapa sering mendengar istilah di atas? Ternyata, istilah ini merupakan salah satu wujud dari Law of Attraction (LoA). Sederhananya, LoA ini adalah kekuatan pikiran yang bisa mewujudkan apa yang sedang kita pikirkan, baik positif atau negatif, secara sadar maupun tidak sadar.

Dalam Islam, hukum Law of Attraction ini merupakan kekuatan prasangka kepada Allah SWT. Hal tersebut berdasarkan hadits Qudsi seperti berikut ini:

"Aku tergantung prasangka seorang hamba terhadapKu."

Dengan kata lain, jika menginginkan sesuatu, maka berharap dan yakinlah bahwa Tuhan Semesta Alam akan merealisasikannya. Tentunya, keyakinan ini harus dibarengi oleh usaha dan doa. Bagaimana jika tidak yakin? Tentu saja Law of Attraction ini akan sulit dimanifestasikan.

Terus, gimana caranya biar bisa memanifestasikan Law of Attraction? Salah satu caranya adalah dengan mengungkapkan keinginan kita secara lantang, seperti karakter-karakter yang ada di anime One Piece berikut ini. Tapi, perlu diingat kalau terwujudnya LoA ini bisa saja membutuhkan waktu yang lama.

1. Monkey D. Luffy

Luffy adalah kapten kapal bajak laut Mugiwara (Topi Jerami) yang pemikirannya sering di luar nalar. Kapten bajak laut yang satu ini selalu mengucapkan apa yang dia pikirkan dan inginkan tanpa ragu sedikit pun.

Aku ingin punya seorang pemusik!

Dari awal debutnya menjadi seorang bajak laut, kru pertama yang paling diinginkan Luffy bukanlah navigator, bukan juga koki, apalagi dokter. Tapi, pemusik! Menurutnya, bajak laut itu perlu bernyanyi, jadi harus ada seorang pemusik. Lihat? Pemikirannya memang agak lain.

Keinginannya untuk memiliki kru seorang pemusik ini sering diucapkan Luffy. Akhirnya, Luffy pun memiliki seorang pemusik yang bernama Brook.

Sekarang (kapalnya) memang kecil, tapi aku akan mendapatkan yang benar-benar besar nanti!

Dengan penuh keyakinan dan kepercayaan diri, Luffy mengatakan kalau dia akan memiliki kapal bajak laut yang besar. Luffy yang bilang kayak gini ada di awal-awal episode, setelah dia berhasil merekrut Zoro. Benar saja, Luffy akhirnya memiliki kapal bajak laut yang besar bernama Sunny Go.

Aku ingin pergi ke Pulau Langit!

Setelah mengetahui ada pulau di atas langit, Luffy jadi ingin pergi ke sana. Namun sayangnya, informasi mengenai pulau langit sangatlah minim, sehingga dia dan kawan-kawannya harus mencari informasi mengenai Pulau Langit di Pulau Jaya.

Tapi, keinginan Luffy yang ingin pergi ke Pulau Langit malah ditertawakan oleh warga sekitar. Menurut mereka, keinginan Luffy bagai mimpi di siang bolong karena Pulau Langit itu tidak mungkin ada. Apa Luffy peduli? Oh, tentu saja tidak. Dia pun akhirnya bisa pergi ke sana dan membuktikan kalau Pulau Langit benar-benar ada.

2. Usopp

Usopp adalah salah satu kru Mugiwara yang penuh talenta. Dia bisa membetulkan kapal, membuat senjata, dan juga berbohong. Kebohongan Usopp ini juga multifungsi, bisa dijadikan sebagai perlindungan diri atau cuma buat pamer saja.

Aku sangat hebat dalam menembak!

Kalimat tersebut adalah salah satu kebohongan Usopp. Ya, tentu saja niat awalnya adalah untuk pamer. Usopp sendiri tidak percaya kalau dalam sekali percobaan, dia bisa menembakan meriam untuk pertama kalinya.

Tapi ternyata, ucapan itu bukan lagi kebohongan semata. Karena Usopp benar-benar sudah menjadi penembak jitu yang andal.

Ada bajak laut datang!

Bagi One Piece lovers tentunya kalimat yang satu ini sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, Usopp selalu teriak keliling kampung mengabari kalau ada bajak laut datang, padahal gak ada. Hal itu dia lakukan dari dirinya masih kecil hingga remaja.

Nah, saat di usianya yang remaja, bajak laut benar-benar datang untuk menginvasi kampung halamannya. Namun sayang, warga sekitar gak mau percaya.

3. Kyros

Kyros ini adalah mantan kriminal yang ada di Kerajaan Dressrosa. Singkatnya, untuk menghapus catatan kriminalnya, Kyros pun menjadi gladiator. Namun, seluruh warga Dressrosa sudah kadung membenci Kyros dan menginginkan dia untuk mati saja. Hal tersebut tentu membuat Kyros jadi overthinking dan depresi.

Aku ingin semua orang melupakanku.

Itu adalah keinginan Kyros yang diucapkannya dengan cukup lantang karena hal yang terjadi. 10 tahun kemudian, ketika segala sesuatunya sudah makin membaik bagi Kyros, semua orang benar-benar lupa pada dirinya.

Dari ketiga karakter tersebut, tentunya ada hal yang bisa kita pelajari. Jika ingin memanifestasikan Law of Attraction, maka kita mengucapkannya dengan lantang dan penuh keyakinan. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pikiran atau keinginan negatif juga bisa membuat LoA ini terwujud. Oleh karena itu, usahakan agar selalu berpikir dan berkeinginan positif saja.

    Nadia Efanali
    
   Mojang Bandung yang meyakini bahwa "kata-kata adalah sihir". 
   Lebih senang mengungkap rasa lewat tulisan ketimbang ucapan.       Terkadang menulis fiksi, termasuk fanfiksi dari anime. Penyuka
   anime dan juga Taylor Swift.