Tips Agar Menjadi Dosen Idaman


Penulis:            Salma Farikha
Editor:              Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Kalian para mahasiswa pasti punya dosen yang menurut kalian asik, kan? Walaupun beberapa orang mungkin ada yang nggak sependapat kalau dosen A itu lebih asik daripada dosen B. Nah berikut ini ada beberapa versi dosen yang biasanya jadi idaman para mahasiswa, skuyy simak! Barangkali versimu belum ada, bisa ditulis di kolom komentar ya!

Fast Response Saat Dihubungi
Hampir semua mahasiswa paling seneng sama dosen yang kalau di-chat fast response. Apalagi yang jadi penanggungjawab mata kuliah, soalnya bisa ngasih informasi cepet ke temen-temen sekelasnya terkait perkuliahan di hari itu. Jadi nggak kena marah temen-temen sekelas deh kalau misal mata kuliahnya minta offline. Soalnya yang kuliah pulang pergi bisa prepare. Dan jika ada tugas yang belum paham disuruh ngapain terus ditanyain dan langsung dijawab sama dosennya rasanya enak banget nggak si?

Nggak Ribet dan Nggak Memberatkan Mahasiswa
Mahasiswa juga seneng nih sama dosen yang ngasih tugasnya tingkat ringan-ringan aja dan nggak ribet. Mahasiswa masih seneng lo kalau dosennya yang ngejelasin materinya, bukan disuruh buat kelompok, bikin makalah plus ppt setelah itu presentasi tanpa baca ppt. Kebanyakan kalau disuruh gitu malah bakalan ngedumel dan kesel sama dosennya meskipun pada akhirnya tugas tetap dikerjain.

Nggak Pelit Ngasih Nilai
Siapa sih yang nggak seneng kalau dosen ngasih nilai A? Semua pasti bakal seneng kalau nilai mata kuliahnya dapat A, apalagi jika diberikan secara cuma-cuma alias satu semester nggak dikasih tugas, nggak ada UTS dan UAS langsung dikasih nilai A semua. Dosen versi kayak gini emang jadi idaman para mahasiswa sih, tapi sayang, karena jarang kita temui ygy.

Bisa Jadi Tempat Konsultasi yang Handal
Selain dosen yang fast response, dosen yang bisa jadi konsultan buat para mahasiswanya juga jadi idaman mereka. Beberapa mahasiswa ada yang lebih senang curhat dan konsultasi ke dosen daripada ke temen sendiri. Mungkin mereka berpikir dosen telah berpengalaman sedangkan temen sendiri belum tentu berpengalaman yang ada bukan memberi solusi malah nambah masalah. Biasanya dosen yang dijadiin tempat curhat dan konsultan adalah dosen yang masih muda dan belum menikah, soalnya waktu mereka lebih banyak dan masih nyambung juga terkait pembicaraan anak-anak muda.

Asik Saat Mengajar
Mahasiswa juga seneng sama dosen yang kalau ngajar atau nyampein materi itu lain daripada yang lain tapi bisa membuat lebih mudah bahkan sangat mudah dipahami. Nggak hanya monoton, ppt share screen di depan terus dosen menerangkan panjang lebar habis itu di buka sesi tanya jawab. Cara mengajar seperti itu kalau menurutku sebenarnya hanya bikin ngantuk. Berdasarkan pengalaman saya yang telah diajar oleh beberapa dosen, dosen bisa share ppt yang isinya point-pointnya aja terus nunjuk mahasiswa secara acak buat ngejelasin maksud dari point ini tuh apa dan contohnya gimana. Dengan begitu mahasiswa bisa lebih kritis dan berani untuk bersuara. Kalau disuruh tanya jawab pasti hanya mahasiswa-mahasiswa itu-itu saja yang bertanya, yang sering disebut si paling aktif. Sedangkan yang punya kepribadian introvert bakal nggak ada keberanian untuk bersuara.

Nah itu sih beberapa versi dosen yang jadi idaman para mahasiswa. Dosen idamam versi kalian udah masuk list belum nih? Kalau belum jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Salma Farikha

Mahasiswi ILPUS di salah satu UIN di Jatim.