Tips untuk yang Sering Merasa Homesick

Cottonbro on Pexels

Cangkeman.net - 
Banyak orang mengatakan bahwa kangen rumah bagi orang perantauan itu cuman pas awalnya saja, setelah beberapa bulan juga akan biasa-biasa saja. Tetapi tidak dengan saya, justru saya malah sering kangen rumah. Padahal bisa dikatakan saya sudah lama merantau, semenjak lulus sekolah menengah pertama.

Rasa kangen rumah merupakan sebuah hal yang wajar, yang tidak wajar itu apabila rasa kangen tersebut justru malah menjadikan malas belajar, ataupun malas bekerja. Maka dari itu penting untuk mengelola rasa kangen rumah.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi kangen rumah. Berikut ini saya akan membagikan 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kangen rumah.

1. Kumpul Dengan Teman Satu Daerah
Cara pertama adalah berkumpul dengan teman satu daerah, di perantauan itu pasti ada yang namanya organisasi daerah, biasa dikenal dengan nama organisasi primordial. Saya sendiri tergabung dalam organisasi primordial mahasiswa, banyak sekali program kerja yang dilakukan. Salah satunya adalah ngopi yang merupakan program kerja tidak resmi.

Saya merasakan betul bahwa ketika berkumpul dengan teman satu daerah, walaupun itu hanya sekadar ngopi, tetapi itu bisa mengatasi rasa kangen rumah. Selain itu juga dalam berkomunikasi otomatis menggunakan bahasa daerah, hal tersebut tentu bisa mengobati rasa kangen.

2. Memakan Makanan Khas Daerah
Selanjutnya cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakan makanan khas daerah. Memakan makanan khas daerah tempat asalmu setidaknya bisa mengobati rasa kangen. Sekarang ini makanan daerah dapat dengan mudahnya dijumpai di perkotaan.

Sebagai perantau di Jakarta yang berasal dari Tegal, perihal makanan khas daerah saya tidak perlu khawatir, karena Warung Tegal dapat dengan mudahnya dijumpai. Kalau kangen masakan rumah, ya tinggal ke warteg saja.

3. Mengunjungi Kerabat yang ada di Perantauan
Berikutnya cara yang ketiga adalah dengan mengunjungi kerabat di perantauan. Tentu sangat beruntung bagi mereka yang di perantauan tetapi mempunyai kerabat. Apalagi kalau kerabatnya adalah kerabat dekat, bukan kerabat jauh.

Ketika saya sedang kangen rumah, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan mengunjungi ayah yang kebetulan sama-sama merantau. Dengan mengobrol bersama, makan bersama membuat hati menjadi tenang di tengah hiruk pikuk perkotaan.

4. Berkomunikasi dengan Keluarga di Rumah
Cara yang keempat adalah berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Dulu sebelum adanya teknologi smartphone yang canggih seperti sekarang, cara berkomunikasinya adalah dengan surat, atau menggunakan warung telepon. Tentu tidak bisa setiap hari, atau setiap jam bisa berkirim surat, atau pergi ke wartel.

Tetapi dengan kecanggihan seperti sekarang ini, kita tidak hanya mendengar suara saja, tetapi bisa berkomunikasi dengan melihat wajah atau yang lebih dikenal dengan video call. Kemudian juga bisa berkomunikasi setiap jam asalkan ada koneksi internetnya saja.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kangen rumah.


Malik Ibnu Zaman

Penulis lepas. Dapat ditemui di Instagram @malik_ibnu_zaman