Macam-Macam Cara Mengucapkan "Selamat Tidur" dalam Bahasa Inggris

Ivan Oboleninov on Pexels

Cangkeman.net - Salah satu bentuk bahasa cinta atau love language adalah sebuah perhatian kecil berupa words affirmation. Nah, ungkapan kata-kata tersebut banyak sekali jenisnya, seperti ucapan selamat pagi, pujian-pujian, apresiasi, nasehat yang baik-baik dan sesimpel mengucapkan selamat tidur ketika malam hari juga salah satu bentuk love language berupa words affirmation. Supaya terkesan lebih keren saja, banyak yang mulai menggunakan Bahasa Inggris ketika akan mengucapkan selamat tidur. Namun, ucapan-ucapan yang begitu saja seperti Good Night dan Have a Nice Dreams tentu sangat membosankan, perlu ada variasi supaya kemampuan Bahasa Inggris kita juga ikut terlihat lebih keren. Berikut adalah contoh beberapa kalimat yang bisa dipakai untuk memberikan ucapan selamat tidur, tentunya lebih bervariasi supaya tidak melulu Good Night.

1. Ucapan Singkat
Yang pertama adalah ucapan selamat tidur super singkat, padat dan jelas. Kita bisa mengucapkan selamat tidur dengan kalimat super singkat seperti Night Night, Nite Nite, dan Time to Dream. Night Night bisa menjadi bentuk lain dari Good Night, sedangkan Nite Nite adalah versi unyu nan gemoy dari kata Night yang dibaca Nite, terakhir adalah Time to Dream sebagai bentuk yang sedikit tegas bahwa sekarang adalah waktunya tidur. Ucapan singkat ini bisa dipakai untuk seseorang yang kita kenal namun belum ada hubungan apa-apa dengan mereka dan untuk menghindari baper yang berkepanjangan di masa depan.

2. Ucapan Singkat tapi Manis
Tidak jauh berbeda dengan poin pertama, ucapan selamat tidur ini juga terbilang singkat namun memiliki makna yang lebih manis. Contohnya adalah Sleep Well atau tidurlah dengan baik tanpa harus memikirkan banyak hal lain, Sleep Tight yang mempunyai arti tidurlah yang nyenyak, atau Sweet Dreams di mana bermakna semoga bermimpi yang indah. Ucapan singkat ini biasa dipakai oleh orang-orang terdekat, ucapan singkat bisa cocok bagi pribadi yang tidak suka berbasa-basi, namun untuk orang tersayang tentu ucapan selamat tidurnya meski singkat namun masih terdengar manis dan menyenangkan.

3. Ucapan yang Umum
Ucapan selamat tidur ini terbilang umum digunakan, meski tak sepasaran Good Night dan Have a Nice Dreams. Kalimatnya sedikit lebih panjang namun memiliki makna yang mudah dipahami dan tetap terkesan indah bagi siapa saja yang menerimanya. Contoh ucapan selamat tidur di poin versi ini adalah Have a Good Sleep yang maknanya sama dengan Sleep Well namun lebih panjang saja kalimatnya, atau jika mau lebih unik lagi bisa dengan I'll See You in Dreamland yang mengharapkan si pemberi ucapan akan bertemu dengan orang yang diucapkannya melalui mimpi.

4. Ucapan Panjang
Ucapan selamat tidur dengan kalimat yang panjang sangat cocok digunakan bagi pasangan yang mempunyai love language berupa words affirmation. Karena tentu ucapan selamat tidur dengan kalimat yang panjang akan memberikan kesan bahwa si pemberi ucapan tersebut memang niat dan sangat perhatian dengan orang yang disayanginya. Contoh kalimatnya adalah Tomorrow Is Not Soon Enough, Let's Prepare. Dimana secara makna kalimat tersebut berarti bahwa hari esok akan segera tiba, istirahatlah malam ini untuk menyongsong aktivitas di esok hari lagi.

5. Ucapan Anti Mainstream
Bagi kaum kaum yang tidak suka bermanis manis ria dan mengikuti tren, beberapa ucapan selamat tidur ini tergolong anti mainstream dan sangat tidak umum digunakan, bahkan cenderung unik dan lucu. Contohnya adalah Let's Start Counting The Sheeps atau mari menghitung banyaknya kambing-kambing. Hal itu merujuk pada kepercayaan yang turun temurun diwariskan oleh nenek moyang bahwa jika kita sulit untuk tertidur maka gunakan otak untuk berimajinasi menghitung kambing di padang rumput hijau. Kalimat kedua adalah In The Arms Of Morpheus, sangat-sangat asing terdengar sebagai kalimat ucapan selamat tidur, bahkan pernah saya iseng memakai kalimat ini sebagai ucapan selamat tidur, yang menerimanya justru kebingungan dengan kelakuan saya yang memberikan kalimat itu. In The Arms Of Morpheus bisa dipakai sebagai ucapan selamat tidur karena merujuk pada Morpheus si Dewa Mimpi dalam mitologi Yunani, di mana ucapan tersebut bermakna sedang asik-asiknya tidur sampai bermimpi.



Yunita Devika Damayanti

Pelajar paruh waktu yang mencintai sepak bola