5 Program Horor Ini Pernah Seram di Jamannya

Kompasiana

Cangkeman.net - Menonton tayangan YouTube bertemakan horor, seperti Kisah Tanah Jawa, Jurnalisa, Diary Misteri Sara menarik ingatan saya ke beberapa acara horor di televisi sewaktu saya masih kecil.

Kala itu, akses hiburan tidaklah sebanyak seperti sekarang ini, hanya televisi. Kebersamaan bersama keluarga pun terjalin melalui tontonan televisi, tidak ada yang sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Karena saat itu dalam satu keluarga hanya ada satu gadget, itupun tidak secanggih seperti sekarang ini.

Salah satu tayangan televisi yang selalu saya tonton bersama dengan keluarga adalah tayangan bertemakan horor. Tidak pernah satu kali pun kami luput melewatkan tayangan televisi tersebut yang kini sudah tidak tayang lagi di televisi. Berikut ini 5 program televisi bertemakan horor yang pernah seram pada jamannya.

1. Mister Tukul Jalan-Jalan
Yang pertama adalah Mister Tukul Jalan-Jalan. Seperti namanya, tayangan dipandu oleh host Tukul Arwana, dan juga menghadirkan beberapa bintang tamu. Kemudian juga didampingi oleh ahli supranatural seperti Ustadz Soleh Pati, Mbah Mijan, Citra Prima, Risa Saraswati.

Setiap episodenya penonton diajak untuk berjalan-jalan ke seluruh pelosok Indonesia untuk berwisata mistis dengan mengunjungi tempat-tempat yang angker. Selepas Shalat Isya di hari Sabtu dan Ahad kami sekeluarga sudah stand by di depan televisi, meskipun sebenarnya tayangnya itu dimulai jam 10.

Ketika tayangan tersebut dimulai, lampu akan dimatikan, kasur digelar di depan televisi. Paman yang usil di sela-sela iklan biasanya akan menceritakan pengalaman horornya, sementara Bibi yang penakut akan berusaha untuk mengganti saluran televisi. Perebutan remote pun tidak bisa dihindarkan, pada akhirnya bibi pun mengalah, karena anggota keluarga yang lain menyukai Mister Tukul Jalan-Jalan.

2. Dua Dunia
Kemudian yang kedua adalah Dua Dunia. Seingat saya tayangan tersebut tayang setiap hari Selasa dan Rabu pukul 00.30 dengan pembawa acara Indah Ananta. Saya menonton tayangan tersebut hanya berdua saja dengan Paman, karena anggota yang lain sudah pada tidur di depan televisi.

Sekilas tentang tayangan televisi Dua Dunia yaitu mengundang sosok makhluk gaib melalui mediator untuk mendapatkan informasi seputar sejarah, misteri dan cerita masa lalu suatu tempat tertentu.

Menonton Dua Dunia terasa semakin mencekam, karena di jam tersebut di sekitar rumah akan terdengar suara sandal basah. Menurut kakek suara tersebut adalah suara langkah kaki dari Kelong Wewe.

3. Masih Dunia Lain
Berikutnya yang ketiga adalah Masih Dunia Lain yang tayang sekitar 2010, menurut paman sebelumnya pernah tayang di tahun 2002-2004 di stasiun televisi dengan format yang sama, nama tayangannya adalah Dunia Lain.

Tayangan televisi tersebut dikenal karena segmen uji nyalinya, seorang peserta akan dibiarkan sendirian di tempat angker tanpa ada cahaya, lalu dipasang kamera infra merah. Jika merasa tidak kuat maka peserta akan melambaikan tangan ke kamera, apabila berhasil sampai pagi akan mendapatkan hadiah.

Saya lebih sering ketiduran di tengah-tengah nonton Masih Dunia Lain, keesokan harinya saya akan meminta Paman untuk menceritakan kembali tayangan tersebut. Paman dengan senang hati akan menceritakannya, ia juga sering berandai-andai akan mendaftar uji nyali suatu saat nanti.

4.Jejak Paranormal
Selanjutnya yang keempat adalah Jejak Paranormal, mendengar nama tayangan tersebut pasti kita akan mengingat Ki Prana Lewu yang merupakan pembawa acara Jejak Paranormal.

Jejak Paranormal tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 23.00-24.00. Penampakan yang masih saya ingat dengan jelas pada tayangan tersebut adalah Banaspati. Keesokan harinya teman-teman saya yang kebetulan juga nonton pada ramai-ramai berbicara terkait Banaspati.

Teman-teman saya mengatakan bahwa jika melihat Banaspati maka harus membuka baju, lalu berlari ke arah yang berlawanan.

5. Ssst...Jangan Sendirian
Lalu yang kelima adalah Ssst...Jangan Sendirian. Program televisi ini merupakan sketsa misteri. Tema sketsa misteri berasal dari pengalaman sehari-hari, mitos yang dekat dengan kehidupan masyarakat, serta aktivitas dan situasi-kondisi yang biasa ditemukan dengan keseharian.

Hal tersebut menjadikannya asyik untuk ditonton. Progam ini tayang di jam 9 malam. Menonton Ssst...Jangan Sendirian membuat saya tidak berani sendirian di rumah.

Itulah 5 program televisi bertemakan horor yang pernah seram pada jamannya. Lalu progam televisi bertemakan horor apa nih yang pernah pembaca tonton?



Malik Ibnu Zaman

Penulis lepas. Dapat ditemui di Instagram @malik_ibnu_zaman