"Spesies" Tulus Yang Sulit Untuk Mengecewakan


Gambar dari situstulus.com

Pada pagi menuju siang yang cerah, tiba-tiba terdapat notifikasi dari Youtube yang memberitahukan ada upload terbaru dari Tulus. Dengan kecepatan mendekati cahaya, saya langsung membuka notifikasi tersebut tanpa ragu ataupun halu. Namun, setelah saya dengar dan menyimak lagunya secara keseluruhan (dengan sedikit skip beberapa kali). Kok rasanya naada yang dikeluarkan kurang "pas" di telinga saya. Agak kecewa, tapi sesaat saya sadar bahwa ternyata bukan 1 lagu saja yang dikeluarkan Tulus.

Di bagian "Next", atau bagian sebelah kanan video terdapat lagu Tulus yang lain dan memang baru di-upload bersamaan dengan yang baru saja saya tonton. Lagu itu berjudul "Hati-Hati di Jalan". Dengan kecepatan yang sedikit lagi mencapai kecepatan cahaya (lagi). Saya langsung menuju ke video tersebut. Dari detik pertama, kedua dan seterusnya otak saya mulai mencair, dan hati tenang dengan alunan musik nya.

Hohohoho, dengan perasaan saya dari yang sedikit kecewa menjadi lebih sumringah ketika mendengar lagu ini. Pas sekali di kuping saya. Tidak kurang, bahkan lebih. Ah, sulit sekali memang untuk kecewa terhadap Tulus, ada saja lagunya yang selalu membuat saya menikmati kopi dan rokok di teras rumah.

Yah beberapa hari yang lalu,  atau lebih tepatnya pada tanggal 3 Maret 2022. Tulus mengeluarkan albumnya yang ke-empat, yang dinamakan oleh Tulus: Manusia. Beberapa lagu diluncurkan oleh Tulus. Namun, memang selera saya hanya tertuju pada lagu nya yang "Hati-Hati di Jalan" itu. Berulang kali saya mendengarkan dan tidak pernah bosan. (setidaknya sampai saat bacaan ini ditayangkan) 

Nadanya mantap, apalagi suara mas Tulus ini emang beneran tulus banget kalau menyanyikan karyanya. Saya sih merasa kasihan sama para penggemar tulus yang relate sama lagu ini, lagi sedih karena pisah dengan pasangan. Eh mas Tulus upload lagu ini, jadi lebih sedih. Hohohoho.

Totalitas adalah kata yang tepat untuk menggambarkan mas Tulus dalam menggarap album ini, terlihat dari banyak orang yang mendengarkan album nya kali ini, untuk lagu "Hati-Hati di Jalan" yang sudah saya masukan ke playlist favorit saya saja sudah mencapai 1,7 Juta penonton, dan menempatai trending ke-2 untuk kategori musik. Tapi memang harusnya ngga heran karena itu sih, toh karyanya juga uenak tenan boskuh. Ini yang bikin sulit kecewa ke mas Tulus, di satu album ada 1 yang kurang ngepas, eh taunya yang lain ada saja yang sangattt ngepas! Top joss!

Kalau suaranya memang seharusnya tidak perlu kita pertanyakan, karena suara nyamas Tulus itu emang unik kayak kamu -Basi mas candaannya. Iyah maap-. Dan ini menimbulkan pertanyaan, suaranya tuh keluar darimana yah? Kok kayak ngga keluar dari mulut, seperti mulut netizen yang kalau komentar tuh miris. Ini mah malah enak didenger gitu mas Tulus. Ini jelas dan bukti bahwa mas Tulus ini menjadi spesies yang berbeda dari laki-laki lain.

Nah kalau dari konser yang diselenggarakan oleh Tulus pun totalitas, dan bikin para penggemarnya sangat dekat dengan Tulus, walaupun saya tidak pernah datang langsung dan hanya menonton di Youtube. Saya merasakan totalitasnya itu bahkan hanya dengan menonton di Youtube. Apalagi datang langsung ke konsernya kan?

Toh balik lagi, kalau ini cuma opini saya yang suka dengan karya dari Tulus. Yang sulit dikecewakan oleh karya-karyanya yang tulus. Tapi yah mbok harusnya jangan begitu dong mas Tulus, masa ngga mau jadi orang yang mengecewakan sama penggemarnya sendiri toh? Emang ngga mau terkenal karena kasus/mengecewakan penggemarnya mas Tulus? Jangan totalitas banget mas Tulus kalau bikin karya tuh. Kalau bikin kontroversi kan kayaknya lebih asyik dan banyak diundang kemana-mana untuk klarifikasi, dan cuan pun menanti. Muehehehe