7 Lagu yang Seharusnya Ada di Spotify

Alexander Shatov

Cangkeman.net - Spotify merupakan salah satu aplikasi pemutar musik paling populer di dunia untuk saat ini. Tidak terkecuali di Indonesia. Iklannya sendiri berkali-kali muncul di televisi nasional.

Dari segi pustaka (library) musik, Spotify terbilang lengkap di mana sekitar 70 juta lagu terdapat di dalam aplikasi pemutar musik asal Swedia tersebut. Sayangnya, tidak semua lagu tersedia di Spotify (lebih tepatnya sih Spotify Indonesia).

Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat lagu-lagu yang tidak tersedia ini begitu memanjakan telinga. Di bawah ini merupakan daftar lagu yang semoga saja kelak akan tersedia di Spotify Indonesia suatu hari nanti.

1. Dari Hati-Club Eighties
“Dari Hati” merupakan salah satu lagu yang membuat nama Club Eighties dikenal oleh para penikmat musik di Indonesia. Sepanjang lagu berjalan, dentingan piano selalu menemani suara Lembu, sang vokalis Club Eighties. Aransemen yang sedemikian rupa tersebut membuat nuansa lagu “Dari Hati” benar-benar terasa galau.

Secara garis besar lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang jatuh cinta. Sayangnya, orang tersebut merasa malu-malu untuk menyampaikan perasaannya. Secara garis besar, lagu “Dari Hati” begitu cocok untuk didengarkan oleh para kaum secret admirer alias pemuja rahasia.

2. Gejolak Kawula Muda-Club Eighties
Satu lagi lagu yang melambungkan nama Club Eighties adalah Gejolak Kawula Muda. Lagu ini pernah dipakai sebagai original soundtrack (ost) dari sebuah sinetron yang bernama Cinta SMU. Nuansa era 80-an begitu kental terdengar di dalam lagu maupun terlihat di dalam video klipnya.

3. We Are!-Hiroshi Kitadani (Versi Op 1 One Piece)
We Are! merupakan lagu pembuka (opening) pertama dari anime One Piece yang dibawakan oleh Hiroshi Kitadani. Lagu ini begitu fenomenal dan juga memorable. Buktinya, We Are! sampai di-remake beberapa kali lalu didapuk sebagai opening untuk beberapa episode di anime One Piece.

Sebenarnya ada beberapa versi lagu We Are! yang tersedia di Spotify. Namun, versi-versi yang tersedia tersebut kebanyakan berupa cover dari penyanyi lain atau berasal dari rekaman live concert dari Hiroshi Kitadani. Semoga saja We Are! versi opening pertama One Piece dapat tersedia di Spotify.

4. Dear Friend-Triplane
Dear Friend merupakan lagu penutup (ending) keenam belas dari anime One Piece. Dari segi aransemen musik, lagu ini benar-benar terasa emosional. Lagu Dear Friend akan sangat cocok didengarkan ketika Anda sedang melihat Going Merry dibakar. Perpaduan tersebut bisa membuat penggemar One Piece sejati meneteskan air matanya.

5. From the Beginning Until Now-Ryu
Bagi penggemar K-Drama sejak tahun 2000-an mungkin tidak akan asing dengan lagu From the Beginning dari Ryu. Lagu ini merupakan ost dari salah satu serial drama Korea bernama Winter Sonata. Meskipun tidak mengerti arti dari lagu ini, Anda bisa merasakan betapa sendunya “From the Beginning Until Now” melalui alunan denting piano yang mengiringi suara sang penyanyi.

6. Menunggu-Ridho Rhoma
Pada tahun 2009, lagu Menunggu milik raja dangdut-Rhoma Irama-dibawakan ulang oleh seorang penyanyi muda. Nama penyanyi yang me-remake lagu tersebut adalah Ridho Rhoma, di mana beliau sendiri merupakan anak dari Rhoma Irama.

Kalau boleh dibilang, versi Menunggu yang dibawakan oleh Bang Ridho terdengar lebih menyentuh. Vokal beliau benar-benar menggambarkan kegalauan seseorang yang menunggu kehadiran sang kekasih.

7. Change The World-V6
Salah satu lagu anime era 2000-an yang begitu terkenang adalah Change the World. Lagu ini merupakan opening pertama dari anime Inuyasha. Di Spotify sendiri, Change the World yang tersedia hanya versi cover-nya saja yang dibawakan oleh Miura Jam serta Charm. Sementara versi aslinya yang dibawakan oleh V6 tidak dapat dimainkan di Spotify.

Setelah melihat daftar lagu di atas, apakah kamu setuju jika lagu-lagu tersebut masuk ke Spotify? Atau mungkin kamu punya rekomendasi lagu lainnya yang sekiranya layak masuk Spotify? Apapun pendapat kamu, saya siap menerimanya.

Muhammad Fariz Kurniawan

Saya adalah seorang penulis pemula. Saya suka menggambar di mana saja.