Memilih Tempat Kuliah Memang Horor, Baca Ini Biar Gak Tremor!

Khein Theimer on Unsplash


Cangkeman.net - Siapa nih yang sebentar lagi jadi mahasiswa baru? Ada yang bingung cari universitas? Apa tempat kuliah itu harus tempat yang bergengsi? Apa yangjas almamaeternya yang berwarna comel? Nah ayo kita bahas tentang apa sih mahasiswa itu dan bagaimana cara memilih tempat kuliah yangbakalan menjadi rumah ilmumu selama 4 tahun.

Mahasiswa bisa diartikan sebagai maha atau raja di atas para siswa. Jadi kedudukannya lebih tinggi nih dibanding siswa. Nah, jika kedudukan semakin tinggi, semakin berat dan besar juga kewajibannya. Kewajiban menjadi mahasiswa yaitu menuntut ilmu, memiliki relasi, berorganisasi, mencetak prestasi, dan ber-IPK tinggi. Menjadi mahasiswa tidak seenak yang kamu bayangkan, Say. Penuh lika-liku dan butuh perjuangan Bermain dan self healing hanya bisa dilakukan kalau libur semester aja. Kalau weekend ngapain dong? yah nugas, nugas, nugas. Apa enggak bosen nugas terus? Aslinya bosen, tapi kalau nggak dikerjain auto ngulang semester depan dan nambah dah beban perekonomian keluarga.

Tapi kok banyak mahasiswa semester tua biasa aja? Nggak banyak ngeluh yah? OMG Hellow, di luar sih biasa aja emang, tapi kalau di kamar sambatnya luar biasa. Yah tidak banyak yang tau jika kita mengeluh tentang perkuliahan juga. Tetapi demi membahagiakan orang tua, masa depan cemerlang, dan demi nama sarjana ditulis di undangan pernikahan. Eh bukan berarti kalau kalian tidak kuliah, tidak sukses dan masa depan suram loh yah. Karena setiap orang kan memiliki definisi sukses dan jalan hidup yang berbeda. Terpenting tetap berusaha untuk kehidupan yang sempurna.

Eh belum sempat pusingin tugas, di awal nih calon mahasiswa dipsuingin memilih tempat kuliah. Nah aku kasih tips nih buat yang sampe tremor memilih universitas.

Begini kira-kira tipsnya:

1. Pastikan kalian sudah memiliki jurusan yang sesuai keinginan kalian, bukan karena paksaan dan gengsi semata. Karena kalau kuliah tidak sesuai minat, nanti kalian sendiri yang akan kewalahan saat mengerjakan tugas.

2. Pilihlah beberapa universitas yang di dalamnya terdapat jurusan yang kalian inginkan. Kemudian kalian kepoin deh letak kampusnya, biaya hidupnya, dan rata-rata UKT-nya berapa.

3. Bicarakan kepada orang tua kalian, jika kalian ingin kuliah di universitas ini dan jurusan ini. Kasih tau juga alasannya apa dan biaya dan biaya yang diperlukan berapa.

4. Jika orang tua kalian setuju, tinggal daftar aja dah di universitas pilihan kamu.

5. Jangan pilih kampus dengan ikut-ikutan teman atau gengsi. Karena itu tidak akan menentukan kemampuan kalian. Kalian lulus dengan usaha, kerja keras, bukan karena nama kampus.

6. Jangan minder jika kalian memilih kampus yang ada di desa dan bukan di kota besar. Jangan juga berpikir jika kalian hidup sendiri tanpa ada teman yang satu sekolah waktu SMA. Hidup mandiri itu enak, kok.

Itulah tips-tips dari aku tentang bagaimana caranya menentukan universitas. Ingat yah, friend, kita kuliah untuk mendapatkan ilmu dan bisa mengangkat derajat orang tua. Kita kuliah untuk mendapatkan ilmu dan bisa mengangkat derajat orang tua. Kita juga kuliah dibiayai oleh orang tua, bukan oleh teman atau saudara. Jadi, kalau saudara atau teman kalian menghina kalian karena kuliah di kampus yang tidak terkenal, jangan malu dan down. Cukup dengarkan dan jangan simpan dalam hati.

Semangat kuliah, mahasiswa baru, semoga lulus tepat waktu!


Hilda Ayu Putri Nadifa

Punya motto "Rintangan bukanlah halangan tetapi meruapakan tantangan" . Dapat ditemui di Instagram @hildaapn