Dapatkah Manusia Hidup di Mars? TerraGenessis Menjawab Semua itu


Cangkeman.net - Pernahkah kalian befikir tentang membuat koloni di luar angkasa? Di dunia nyata sendiri, tinggal di luar angkasa masih sangat mustahil untuk dilakukan. Eitss tapi tidak untuk game yang satu ini. 

Game TerraGenesis sendiri adalah game bertema simulasi untuk terraforming dan mengkolonisasi planet dapat dihuni oleh makhluk hidup. Tidak seperti Anno 2205 atau Per Aspera di mana terdapat unsur City Building di game-nya, game ini memberikan pengalaman simulasi murni untuk terraforming planet dalam skala yang lebih masif. 

Di Game ini, ada enam aspek utama yang harus kalian lakukan sebelum suatu planet dapat ditinggali manusia. Yaitu temparatur, tekanan udara, kadar oksigen, air, serta habitat tumbuhan dan mikroba. Kita akan dihadapkan dengan pada planet mars pada awal game. Karena planet mars adalah planet yang tandus, maka kita harus menaikkan kadar air dan oksigen. Untuk planet lainnya tentu berbeda-beda cara menanganinya, karena berbeda kondisi planetnya. Selain itu, kita juga harus membangun kota untuk habitat dan pupulasi manusia ke depanya. Dalam membangun kota, kita diberi kebebasan untuk membangun kota di tempat yang seperti apa. Tetapi pemilihan tempat tentu ada konsekuensinya. Contohnya, jika kota dibangun lebih rendah dari permukaan air laut, maka kota akan tenggelam ketika air sedang pasang.

Kita juga akan diberi event tertentu sepanjang game yang menambah kesan hidup di dunia game ini. Contohnya adalah meteor jatuh, perkembangan kultur penduduk, aksi terorisme, sampai rumor-rumor yang sedang hangat dibicarakan di kota. Kita kadang juga diberikan pilihan untuk bertindak menghadapi event-event tersebut.

Tidak hanya terraforming, di game ini kita juga harus mengorganisir anggaran kita. Pendapatan tetap kita satu-satunya di awal game adalah dengan membangun tambang. Ada lima opsi bahan yang bisa kita tambang di game ini, yaitu Carbon(C), Besi(Fe), Silver(Ag), Paladium(Pd), dan Rhodium(Rh). Sementara untuk tempat kita menambang, kita akan diberikan indikator untuk mengetahui berapa hasil tambang yang terkandung di wilayah yang kita bangun tambang. Tambangnya sendiri tidaklah permanen bisa habis. Jadi kita diharuskan untuk membangun tambang baru secara berkala. Berikutnya, kita juga dapat membangun proyek tertentu seperti pertanian, elevator luar angkasa, dll. Kita juga terkadang diberi modal oleh investor yang tentunya dengan konsekuensi tertentu.

Jika ekonomi kita sudah stabil dan planet kita sudah layak huni, kita bisa masuk ke langkah selanjutnya untuk membangun satelit dan membuat proyek-proyek besar seperti space elevator, sky farm, lagrange academy, soletta, dan orbital Surveyor. Tentunya untuk mencapai hal tersebut, bukan hal yang mudah dan tentu saja membutuhkan waktu yang lama.

Untuk memainkan game ini, kalian dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store. Kalian akan diberi satu planet untuk permulaan, yaitu Mars. Untuk planet lainnya, kalian bisa dapatkan setelah menyelesaikan tujuan atau misi dari planet tersebut. Tujuannya sendiri berbeda-beda tergantung fraksi mana yang kalian pilih. Kalian juga dapat membeli planet baru dengan harga 15 ribu rupiah saja per planetnya atau membeli bundle tertentu untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Opsi planetnya juga banyak sekali dan bervariasi, bahkan sampai ada bundle bumi datar di game ini.

Edgeworks Entertainment selaku developernya sendiri masih aktif sampai sekarang dan sedang membuka program penanaman pohon di mana player game ini bisa berpartisipasi untuk ikut menyumbang pohon dengan cara melakukan transaksi pembelian dalam game. Progresnya juga bisa kita pantau di dalam game-nya. Jadi kita bisa tahu sudah seberapa jauh kita ikut berpartisipasi dalam program ini. Langkah yang unik dan juga kreatif menurut saya pribadi.


Inuko Darlian

Pria yang memiliki pengetahuan di bidang multimedia seperti desain grafis, fotografi, teknik audio dan video, serta animasi 2D dan 3D.