Psikolog dan Psikiater. Bedanya Apa Ya?

Analisa Widyaningrum
Gambar : Analisa Widyaningrum / Sisternet.co.id


Cangkeman.net - Kemarin aku lagi main salah satu aplikasi chat gitu deh, aku scrooling timeline dan aku ketemu salah satu postingan, katanya “Dalam kondisi apa sih kita butuh psikolog/psikiater?”. Oke, bisa dipahami bahwa KEMUNGKINAN authornya lagi merasa “sakit” tapi doi ngerasa bahwa “keknya penyakit aku ga parah-parah banget dan ga butuh sampe ke psikolog/psikiatri” tapi doi butuh. Ngerti g si? Wkwk.


Oke, first of all, psikolog dengan psikiater itu beda, ya. Psikolog ya psikolog, psikiater ya psikiater. Psikolog itu sebutan bagi mereka yang mempelajari ilmu psikologi, dan itu bukan ilmu kedokteran, ilmunya itu mempelajari soal mentalnya. Sedangkan psikiater itu sebutan bagi mereka yang mempelajari ilmu psikiatri, dan itu bagian dari ilmu kedokteran, ilmunya mempelajari soal penyakit jiwa.


Kedua, menurutku kayak apapun masalahnya ketika kita merasa ga nyaman, depresi dan ga mampu melewati sendiri. Bisa kok nyamperin psikolog, minta bantuan. Masalah psikolog yang bayar itu kalo buat keselamatan dan kesehatan mental sih worth it banget, apalagi sekarang banyak psikolog yang gampang diakses kek Satupersen dan terjangkau kok. Bayar pun paling ga buat bantu psikolog lebih mengembangkan kemampuannya gitu dan itu ga gratis loh. Begitu juga kalo berkaitan sama penyakit jiwa yang harus ditangani sama ilmu kedokteran mah datengin psikiater aja. Insya Allah profesional kok mereka.


Di Indonesia sendiri, masih kenceng stereotip negatif soal konseling. Konseling dipikir cuma buat orang bermasalah aja, kek killer, kecanduan hal-hal ga lazim gitu. Basically kita semua emang bermasalah, masalah sesimpel buat kita ga nyaman, sakit, kecewa, sedih, bingung, heran, putus asa dan sebagainya. It’s okay buat bermasalah dan get some help deh. Btw seandainya aku paham sedikit soal psikolog aku pengen deh buka konseling gratis, ada yang mau konseling ga? Haha.



Nila Wati
Mahasiswi di Perguruan Tinggi Agama Islam Kota Palangkaraya. Bukan anak yang medsos-medsos banget. Dapat dikunjungi di akun Instagram @nilawt3.