Ini Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Kamu Mulai Sekarang Juga!

Cangkeman Payzen
Gambar : Payzen Social Media Services


Cangkeman.net - Aku masih bertanya-tanya kenapa banyak banget "orang Indonesia" tertarik dengan bisnis yang tanpa modal. Entah ini ada hubungannya dengan kondisi ekonomi kebanyakan orang atau memang banyak yang tertantang untuk memulai usaha tanpa modal. Meskipun "modal" yang dimaksud pasti berbeda-beda, ada yang mengasumsikan uang, relasi, kemampuan, dan tenaga. Itu semua bisa kita sebut modal, bukan? Jadi modal yang mana yang dimaksud nih. Kalau bisnis online tanpa modal yang dimaksud adalah tanpa unsur-unsur modal diatas, ya aku rasa nggak mungkin. Kalau "modal" yang dimaksud adalah uang, ayo deh kita lanjut tulisan ini. Baca sampai habis ya, nggak panjang kok.

Pertanyaan pertama adalah bagaimana kita bisa seminimal mungkin mengeluarkan modal untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya? Untuk yang bisnisnya bersinggungan dengan kapital, rasa-rasanya hampir nggak mungkin bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Lebih tepatnya gini, kalau mau hasil besar, harus mengeluarkan modal besar pula, kemudian tinggal lihat marginnya aja, kalau menutupi semuanya dan positif, hajar beh!

Gimana dengan bisnis online?
Dalam bisnis online, modal dalam bentuk uang bisa diminimalisir sekecil mungkin. Bahkan sampai tidak ada modal uang sama sekali, walaupun dalam operasionalnya tetaplah membutuhkan tools dan fasilitas yang dibangunnya pakai uang-uang juga, tapi ya hampir bisa kita katakan tanpa modal, hampir loh ya. Tapi perlu dicatat juga, sesuatu yang minim modal, maka akan mengurasmu dalam effort, kamu harus ulet menggelutinya sampai menghasilkan sesuatu. Kalau nggak telaten yowes, lewat.

  1. Google Adsense

Pertama nggak usah ngomongin yang rumit-rumit dulu. Hampir semua dari kita pasti sudah mengenal Google Adsense. Terlepas dari orang-orang yang berbondong-bondong ke sini karena tergiur kaya raya, Google Adsense sebenarnya bisa menghasilkan jika kita mau mengurusi sumber pundi-pundinya dengan benar. Karena langkah memulai adsense hanyalah menulis, iya nulis. Seperti nulis artikel ini. Atau kalau kamu nggak bisa nulis, kamu bisa membuat konten video di youtube. 

Terlepas dari berbagai masalah dari akun yang dibanned dan sebagaimacamnya, ada banyak strategi mendatangkan uang dari Adsense. Untuk ini sudah banyak sekali yang mengulas, nggak aku tuliskan disini biar nggak terlalu panjang. Tetapi apapun itu, kalau kita bisa konsisten menulis artikel banyak, maka artikel yang diindex oleh Google juga akan semakin banyak, dan itu disukai oleh pengiklan di Google Adsense.

Urusan Algoritma Google bagaimana? Algoritma Google sekarang juga gak ribet kok. Intinya, asalkan tulisanmu mempunyai manfaat untuk pembaca, Google akan mengapresiasi. Banyak orang-orang "pintar" yang menggeluti Adsense dan mencari segala celah untuk mempercepat dan memperbanyak penghasilannya. Celakanya, cara-cara itulah yang justru mempersulit mereka sendiri. Kalau mau sabar, sudah jelas Google bilang tulis saja artikel yang bagus, traffic akan datang. Makin banyak traffic di situsmu google makin senang karena makin banyak iklannya bisa tampil dan kita akan mendapat imbalannya. Nggak usah mikir ini itu dulu. 

Hal fundamental kita dalam mencari Adsense adalah kemampuan kita membuat konten, baik itu tulisan, gambar, video atau apapun yang bisa kita digitalkan. Bukan hanya kehebatan mendapat backlink, mempermainkan SEO, dan trik-trik lainnya. Itu tambahan, utamanya adalah konten. Kontenmu bagus, pengunjung akan senang dan betah, itu diukur oleh algoritma Google, dan otomatis memperbaiki SEO milikmu, backlink akan terbangun sendiri oleh orang lain, bukan kamu. percaya deh cuma tinggal tunggu waktu aja. Fokus pada konten yang menarik dan bermanfaat.

Bagaimana teknis mebuat websitenya?
Urusan domain, hosting, tampilan, dan lain-lain tentang ini sudah banyak dibahas. Bukan di sini tempatnya, atau kamu bisa menanyakan hal ini secara khusus ke Admin Cangkeman, monggo silakan, kami terbuka untuk berbagi. Apalagi kalau ada kopi.

  1. Affiliate


Ini adalah next level dari sekadar menulis. Sebelumnya aku berbicara tentang kemampuan menulis. Kalau blog kita sudah terisi dengan artikel keren, kemudian sudah mendatangkan traffic yang banyak, uang bisa didapat dengan beragam cara. Selain adsense, kita bisa bermain affiliate.

Bahasa sederhanaku dalam menjelaskan apa itu Affiliate adalah makelar online. Ada banyak banget situs-situs dagangan yang mempunyai program affiliate. Cek ada tiap web dagang, cari di bagian bawah dan klik menu affiliate. Artinya, kita dipersilakan untuk membantu menjualkan produk mereka.

Seperti yang udah aku singgung tadi, kalau blog kta udah punya traffic yang lumayan, banyak yang bisa kita lakukan. Misal mengiklankan dagangan dari toko-toko online. Tinggal buat widget, ambil banner yang biasanya sudah mereka sediakan, pasang di blog, tunggu ada yang beli dan kita bakal dapet bagiannya. Kalau mau yang lebih cepat dan menarik orang, kita tulis review produknya, tulis semuanya di artikel, buat yang menarik dan jangan lupa sisipkan link pembeliannya. Itu lebih menarik buat banyak orang dari sekadar memajang gambar produknya aja.

  1. Toko Online

Ahh, bosen aku ngomonin tentang toko online. Aku rasa kamu juga nggak lama lagi bakal bosen ngomonginnya, karena sudah bosan juga menjalaninya (bagi yang belum menghasilkan). Tapi yang sudah kecicipan manisnya dagang online pasti nagih! percaya deh.

Membuat toko online itu nggak sesulit yang dibayangkan, saking banyaknya orang yang menganggap kalau toko online itu ribet sampai-sampai dulu ada jasa membuat toko online dan laku loh. Yang perlu kamu pikirkan adalah jasa atau barang yang kamu tawarkan. Coba tengok kanan kiri. Mungkin ada di sekitar kita yang memproduksi barang bagus, di artikel Cara Menghasilkan Uang Dari Internet sudah aku bocorin sedikit tipsnya. Oh ya, jangan beli barangnya dulu, kecuali boleh bayar di akhir, kalau bayar di muka jadi harus pake modal dong. Jelaskan kalau kamu mau bantu pemasaran lewat internet, mereka akan welcome kok.

Untuk awal-awal kamu nggak perlu repot membuat website dan segala macamnya. Banyak situs yang bisa mengakomodir itu semua. Minimnya modal dalam bisnis online akan menghambat kamu di langkah berikutnya, yaitu promosi. Membuat toko online mutlak harus melakukan promosi. Lautan dunia maya yang luas banget nggak akan ada yang menengok toko kamu kalau kamu nggak menarik perhatian mereka. Promosi juga bisa dibuat tanpa modal sebenarnya, kalau kamu punya relasi, itu bisa sedikit membantu.

Tiap bisnis online di atas ada satu kesamaan, yaitu membutuhkan tenaga, waktu dan pikiran. Walaupun modal dalam bentuk uang bisa sangat minim, modal dalam bentuk lain harus bisa membackup itu. Kalau kamu nggak punya uang untuk modal, nggak punya relasi, nggak punya waktu luang, nggak punya semangat bisnis. Ya ambyarr....
Oh ya, sampai detik ini Cangkeman.net nggak ada iklan Adsense dan memang bukan dari situ sumber kami menghasilkan uang. Cangkeman itu tempat kami berbagi, tapi kadang dari berbagi itulah uang datang dari mana saja. Jadi bisa dikatakan, berbagi itu sebagai bentuk modal juga selain kapital (uang).