Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Gambar : DBS

Cangkeman.net - Cara Menghasilkan Uang Dari Internet. Udah berapa kali baca judul artikel kayak gini? Bahkan keyword dengan judul yang sama seperti artikel ini pernah jadi trend pencarian Google loh. Faktanya, cara-cara menghasilkan uang dari Internet yang orang-orang tuliskan jarang banget yang benar-benar bisa kita terapkan, banyak yang nggak relevan, semuanya harus mengeluarkan effort lumayan gede, giliran diseriusin eh ternyata Scam. Cangkeman!

Aku jamin, yang akan aku tulis di sini beda, pokoknya beda dari yang lain!
FYI aja, aku hidup di Jakarta seorang diri. Tanpa keluarga, hidup nomaden. Dengan modal komputer dan akses internet, aku bisa mencukupi semua kebutuhan hidup di ibukota ini, bahkan lebih!
Jadi aku menulisnya sebagai seorang praktisi, bukan sekedar saran karena lagi hype aja.

Disclaimer dulu, ini adalah cara dan pandanganku dalam mencari penghasilan tambahan dari internet, tiap orang bisa berbeda cara, dan jalannya emang banyak banget, dari jalan arteri sampai jalan tikus dalam mencari uang dari internet. Jadi, yang bakal kutulis tidak mencakup semuanya, ya seujung kuku lah istilahnya.

Orang-orang mulai mencari cara Menghasilkan Uang Dari Internet ketika sudah merasa jenuh dengan pekerjaannya. Jenuh karena siklusnya, karena lelah atau karena kurangnya pemasukan dari sana pekerjaannya itu. Biasanya ini juga bukan opsi pertama, pilihan pertama tentunya mencari pekerjaan yang lebih baik, bikin lamaran lagi, update CV terbaru dan melengkapi syarat-syarat birokrasi untuk daya dukung mendapat kerjaan baru.

Tapi apa daya, jumlah angkatan kerja di Indonesia selalu jauh lebih besar dari lowongan kerja yang tersedia, dibutuhkan 10 orang yang sudah ngelamar ribuan. Pun dari 10 posisi, setengahnya sudah dipos untuk orang dalam. Belum lagi perusahaan lebih suka dengan usia yang lebih muda. Akhirnya capek lamar sana-sini, dan jangan salah, proses itu selain menghabiskan waktu juga uang yang nggak sedikit. Ujung dari semua itu barulah orang akan coba peruntungan berbisnis, buka usaha sendiri, menggali apa yang ia bisa. Kemudian dalam kegabutannya, orang-orang mulai mencari cara Menghasilkan Uang Dari Internet.

Sekarang pertanyaannya, apa keahlian kamu?
Apa bidang yang kamu kuasai banget, expert, yang kamu bisa sambil merem kalau mengerjakan itu.
Atau seenggaknya, orang-orang tau kamu expert di bidang apa? Ini bisa membantu kamu buat branding usaha nantinya. 
Kalau belum ada jawaban, coba ingat-ingat lagi, ada nggak temanmu yang sering minta bantuan untuk urusan tertentu?

Kalau udah ketemu, itulah keahlian kamu yang dikenal orang-orang.
Oh ya. Sebelum melangkah lebih jauh ke mana-mana, satu hal yang penting harus aku sampaikan, satu aja. "Kalau udah dapet kepercayaan, jangan ingkar. Jaga reputasi, sekali ancur susah banget dibangun lagi, apalagi dalam dunia digital yang sangat mengandalkan reputasi. Ngebangunnya susah, jangan sekali-kali dihancurkan begitu aja"

Oke next.
Misal kamu sering dimintai bantuan buat benerin laptop, atau service alat elektronik, itulah yang orang tau tentang keahlian kamu.

Kalau udah sampai di step ini, pertanyaan selanjutnya adalah, bisakah keahlian kamu itu dijual atau ditawarkan di internet?
Kalau bisa ditawarkan, ya jual aja. Banyak banget platform untuk menawarkan berbagai macam jasa di internet. Apalagi zaman serba online kaya sekarang ini banyak banget jasa yang bisa kamu tawarkan, melimpah ruah. Bahkan jasa yang nggak menuntut keahlian khusus seperti jasa ketik atau input ke sistem, dan sejenisnya. di forum-forum freelancer, banyak yang cari jasa kayak gitu.

Oke, gausah jauh-jauh melangkah, sekarang coba buka media sosial aja dulu, liat orang yang posting atau iklanin jasa dan bisnis mereka. Kamu gak perlu saingan, coba tawarkan aja untuk share jasa mereka ke beberapa forum terkenal di Indonesia, cukup minta bayaran atau fee beberapa persen dari nilai jualnya. Percaya deh, mereka itu males melakukan hal-hal ringan kayak gitu, padahal cuma copy paste dan share aja.
Disamping itu, kamu juga bisa cari jasa yang bisa mensupport jasa orang. Misal, orang-orang posting toko online mereka, nah kamu bisa jawarkan jasa foto produk, jasa bikin banner toko, jasa admin tokonya, jasa pengiriman private atau bahkan ajak kerjasama dalam menjual produknya. 

Atau kalau kamu punya kemauan belajar, kamu bisa mempelejari google ads, facebook ads, dan ads ads yang lain. Kelas berbayarnya banyak, malah kelewat banyak. Kalau mau yang gratisan, kamu bisa ke Grow with GoogleGoogle Digital Garrage untuk mempelajari google ads dan ilmu-ilmu digital marketing yang lain. Kamu juga bisa ke Facebook Blueprint kalau ingin belajar facebook ads
Kalau udah punya basic skill itu, kamu bisa tawarkan jasa advertising ini ke banyak orang di internet. Jasa facebook ads, instagram ads dan google ads ini banyak banget peminatnya. Mulai dari perorangan, UKM, bisnis menengah, korporasi sampai lembaga pemerintah loh!
Kamu bisa ngerjain itu semua sendiri, dari rumah, atau dari mana aja. Kalau udah mulai kelabakan, tarik orang lagi. Bagi-bagi rejeki, toh dengan punya tim, kamu bisa lebih fokus ke pengembangan dan belajar hal lain lagi.

Rajin lihat-lihat website dan akun media sosial company atau brand. Lihat apa yang kurang. Cek postingan terakhir, kalau post terakhir di website itu udah 2 tahun lalu, ada peluang buat kamu masuk, tawarkan jasa penulisan artikel, atau jasa update konten tertarget, cek juga kelemahan-kelemahan lain yang bisa kamu tawarkan jasanya, misal SEO, pengembangan, maintenance, dan kalau kamu punya skill hacking, coba cari bug di web tersebut dan laporkan bug itu ke yang bersangkutan, untuk hal ini kamu malah seharusnya dibayar mahal.

Lalu cek ke media sosial, hidup nggak tuh. Kalau postingnya masih sebulan sekali, itupun cuma upload foto kegiatan formal aja, apalagi desain feed yang masih berantakan, ada peluang kamu untuk masuk menawarkan jasa ke sana. FYI, posisi admin media sosial di ibukota bayarannya udah di atas UMR, goyang aja sedikit harganya dibawah itu, karena dengan minimal 2 klien aja sebenarnya kamu sudah mencukupi buat operasional. Perusahaan bakal mikir daripada bayar orang UMR setiap bulan mending sewa jasa kamu. Gak punya keahlian di semua bidang itu? Belajar salah satunya dulu, kalau ngga mau ya hire orang yang bisa, bangun tim sendiri, kamu tinggal memanajemen proyek yang ada.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet dari jalan lain?
Tenang masih banyak kok.
Contohnya, kamu bisa menjual jasa akun.
Akun apa? apa aja! 
Makin lengkap cakupan layanan kamu, makin baik. Tapi fokuskan ke akun-akun yang digunakan banyak orang. Misal jasa pembuatan 100 akun gmail, banyak cara buat bikin akun gmail, mulai dari manual, semi otomatis, sampai auto generate account. Atau jual akun jadi, misal 100 akun Instagram, atau 100 akun Facebook. Kamu tinggal buat ratusan akun dengan email ternakan tadi, jangan lupakan management akun ya termasuk passwordnya

Di musim-musim politik biasanya banyak yang cari akun-akun kayak gini, kamu bisa jual mahal ke mereka. Nah diantara akun-akun tadi, ambil beberapa akun untuk kamu ternakkan. Beuh, istilahnya ternak akun. Apalagi tuh?
Jadi gini, Sebuah akun media sosial akan berharga jika ia memiliki eksposure dan engagement yang banyak, mulai dari follower, jumlah like, komentar di postingan, dan respon yang lain. Biasanya patokan harga kasar untuk sebuah akun adalah jumlah followernya

Pilih 10-20 akun, misal akun instagram, buat akun-akun itu hidup dengan rajin posting hal-hal menarik tiap hari. Tips dariku, buatlah akun-akun itu jadi akun fanbase artis atau tokoh terkenal, rajin-rajin posting si artis atau tokoh tadi, beda akun beda tokoh, atau sama juga bisa, bedakan aja nama akunnya. Sumber postnya kamu bisa repost dari banyak sumber. Rajin-rajin cari konten, lalu buat autopost, biar kamu gak perlu ribet mikir tiap hari harus posting di 20 akun berbeda. Layanan post schdule ini banyak kok, yang gratisan juga ada.

Gak perlu lama-lama, nggak ada 1 tahun kalau caramu benar kamu udah bisa ngumpulin sekitar 20 ribu follower lebih. Dengan followers segitu yang mana itu adalah follower beneran (bukan bot), 1 akun bisa dihargai 1-2 juta rupiah, apalagi dengan follower lebih banyak, atau niche tertentu. Harga melambung tinggi. Kalau kamu punya 20 akun seperti itu, lumayan apa lumayan?

Tapi ternak akun ini nggak bisa kamu jadikan andalan utama dalam menghasilkan uang dari internet. Karena masa ternak sampai bisa dijual relatif lama. Masih ngomongin soal akun media sosial, sebenernya banyak banget sumber penghasilan dari sana, semua bisa kamu buat jasa. Jasa buat akun, jasa maintenance akun, jasa admin akun, jasa konten, dll. Ada lagi jasa like, jasa comment, jasa menaikkan view, kamu bisa tengok ke Payzen misalnya. Pokoknya selama orang-orang masih mau akunnya hidup dan aktif, semua bisa diduitin dari situ, bahkan pada akhirnya ketika seorang ingin akunnya dihapus atau dihilangkan dari peradaban dunia maya, kamu bisa buka jasa hapus akun!
Untuk jasa hapus akun ini sedikit ribet, kalau kamu nggak bisa kerjakan sendiri, kamu bisa kontak aku. 
Bahkan sebenarnya tulisan diatas adalah hal-hal yang udah aku lakuin sendiri selama ini untuk menghasilkan uang dari internet, jadi kalau butuh jasa-jasa tersebut kamu bisa kontak aku aja. Duh, sorry. kok jadi sponsored content.

Next, jasa conversi (Bukan konveksi)
Misal gini, temanmu punya akun Gopay dan ingin mencairkan ke rekening banknya, tapi untuk bisa mencairkan gopay, ia harus upgrade akunnya dulu, verifikasi data diri dengan KTP dan bla bla bla. Nggak semua orang mau ngelakuin hal simpel kayak gini. Apalagi dengan beragamnya akun e-wallet yang ada, jarang orang yang mau upgrade semua akunnya. Kamu bisa buka jasa pencairan Gopay ke bank, pastinya bukan cuma Gopay, tapi juga banyak e-wallet lainnya. Dana, Isaku, Doku, Linkaja, Ovo. Atau penukaran koin Shopee. Pulsa juga bisa, misal jasa convert pulsa Telkomsel jadi saldo ewallet.

Kamu cuma perlu buka akun di semua itu dan upgrade akunmu. Buka juga banyak rekening bank, sekarang banyak yang bisa online kok. Dari sini kamu bisa menawarkan biaya nggak perlu mahal-mahal, misal 5% dari transaksi, atau 10%, atur sendiri sesuai kebutuhan pasar. Jangan patok harga terlalu mahal, toh kerjanya juga transfer-transfer doang, masih ringan nggak butuh skill ekstra. 

Oke jual jasa udah, sekarang gimana kalau jual barang demi Menghasilkan Uang Dari Internet.
Hal pertama, kamu harus riset pasar. Pasar di sini maksudnya pasar online bukan pasar induk kramat jati bos. Banyak tools bertebaran buat bantu kamu riset pasar, atau bisa gunakan milik google, analisa apa yang lagi digandrungi masyarakat. Cari supliyer terbaik. Dan Anda kaya raya.....

Santai, santai jangan buru-buru, kalo gitu caranya kamu harus punya Trik dan Tips Menghadapi Ibu-Ibu "Babi Ngepet" yang Julid. Pelan-pelan aja, daripada disangka ngepet.

Buat website sederhana untuk showcase apa yang kamu jual. Usahakan barang yang dijual terfokus, jangan malah jadi toserba, blas nggak cocok. Kalau kamu mau jual produk banyak jenis, alias rame-rame. Baju ada, makanan ada, oleh-oleh ada, elektronik ada, makanan kucing ada, mending kamu buka akun di marketplace online yang udah ada, buka toko aja di sana. Urusan barang? Gampang.
Cari toko di sekitar kamu, atau kalo mau jalan sedikit jauh, cari tempat termurah untuk barang-barang itu. Ngomong sama yang punya, mau bantu jualin lagi di online. Percaya deh pasti boleh, bahkan kamu bisa dapetin harga lebih murah dari pelanggan biasa. Rajin-rajin datang buat sekadar ambil foto produk, ajak ngobrol yang punya dan sesekali update harga. Yang terakhir ini penting, jangan sampe kamu nombok gara-gara gak update harga barang. Kalau masih gak mau ribet, sekarang banyak platform online khusus untuk dropshipper, artinya mereka memang menjual ke orang-orang seperti kamu yang untuk dijual lagi. Misal Dropshipaja, dropship.com, bandros, winkarket, duh banyak lah. Bahkan banyak akun-akun instagram yang open dropshipper, seperti custom case misalnya, atau parfum, atau sendal. Kamu bisa posting itu semua di akun marketplace kamu.

Atau kalau kamu punya uang lebih, main-main ke aliexpress, atau web sejenis, banyak barang bagus dan murah di situ, bahkan bisa kamu custom produknya sesuai kemauanmu kalau belinya banyak. Di Indonesia, barang-barang itu bisa dijual seharga 5 kali lipatnya. Flashdisk, mainan anak, souvenir, sendal, tas, hiasan, perkakas rumah, banyak deh. Kamu cuma butuh sedikit modal aja kalau mau beli dari sini, tapi hasilnya lumayan bos!

Urusan jualan beginian di Indonesia ini surga banget, banyak orang kita dengan tipe duit nggak ada tapi paket dateng terus. Apalagi dengan adanya fitur paylater. Kadang gak butuh barangnya, beli karena pengin beli aja, atau khilaf jempol kepleset alesannya. Benar nggak nih wahai kaum-kaum yang keracunan Shopee?
Masalah jempol kepleset ini sebenarnya bisa menghasilkan uang juga loh kalau disalurkan ke tempat yang benar. Salurkan jempolmu ke Cangkeman misalnya, pleset-plesetin aja jempolmu biar jadi satu artikel, kirim ke Cangkeman, kirim lagi, tulis lagi, kirim terus. Sampai poinmu menggunung dan bisa gajian dari Cangkeman. Cukup menghasilkan kan?
Udahlah gak usah jauh-jauh, aku jadi nyesel nulis panjang-panjang, kenapa nggak menyarankan orang untuk nulis di Cangkeman aja ya?
Kan bisa jadi Cara Menghasilkan Uang Dari Internet.

Gimana? 
Sudah tercerahkan bagaimana cara menghasilkan uang dari internet kan.
Masih mau tambah lagi? Jangan lupa komentar ya, nanti aku sambung lagi kelanjutannya.