Trik dan Tips Menghadapi Ibu-Ibu "Babi Ngepet" yang Julid

Gambar : Unsplash

Cangkeman.net - Baru-baru ini terdengar berita tentang ditangkapnya seekor babi yang dituduh sebagai babi ngepet atau babi untuk proses pesugihan di daerah Depok. Dan belum lama, ternyata "kisah" tentang babi ngepet tersebut hanyalah hoaks semata. Tersangkanya adalah seorang tokoh sekitar, beli babinya di komunitas kucing -saya heran, ini komunitas kucing kenapa jualan babi?- dan motifnya adalah ingin terkenal.

Dari drama tentang perbabi ngepetan di Depok itu, beredar video ibu-ibu yang sempat menuduh tetangganya adalah dalang dari babi ngepet tersebut. Sambil dengan gaya khas ibu-ibu sok tau, ia menjelaskan telah menaruh sesuatu di rumah orang yang ia curigai sebagai dalang dari babi ngepet tersebut, Menurutnya, tetangganya itu nganggur tapi uangnya banyak, dan itu adalah alasan kenapa dia patut dicurigai. Olahh buu.. bu..

Aku enggak akan bahas tentang statment ibu-ibu julid tadi sih. Tapi aku yakin, ibu-ibu seperti itu hampir selalu ada di setiap lingkungan. Mungkin juga di lingkungan kalian. Atau jangan-jangan itu kalian?

Nyebelin banget kan emang kalau ketemu ibu-ibu kek gitu? Nah sebagai anak kos yang kerapkali pindah kos dan bertemu berbagai macam ibu-ibu, aku punya trik dan tips cara menghadapi ibu-ibu seperti itu nih...

1. Sering Bawakan Sesuatu Untuknya
Nah ini sih paling sederhana dan paling masuk akal cuy. Kalau ada tetanggamu suka julid ke kamu, biasanya karena dia enggak kenal kamu. Nah mulailah kamu datangi rumahnya sesekali dua kali untuk sekadar ngobrol ngalor ngidul. Dan yang terpenting, sering-sering bawa makanan.

Membawa sesuatu untuk tetangga itu penting, apalagi tetangga yang julid. Jadi kan kalau ada tuduhan kamu ngepet juga bisa kamu balikin "Lah, Ibu kan juga makan hasil ngepet saya?" hiyak..hiyak..hiyak..

2. Ambil Hati Anaknya
Ini berlaku kalau ibu-ibu tetanggamu tadi punya anak. Tapi penerapanya beda, tergantung usia si anak. Kalau anaknya masih kecil, sering-seringlah belikan ia jajan, mainan atau ajak pergi ke tempat wisata. Meski ibunya sejulid apapun, kalau liat anaknya nurut sama kamu, pasti ibunya jadi enggak enak hati mau julidin kamu.

Tapi kalau anaknya seumuran denganmu, jika sama jenis kelaminnya denganmu, kamu bisa saling berbagi hobi, berbagi rokok, tukeran kado atau sering berbincang di area rumah. Dan tetap usahakan agar kamu membawa hal positif buat dia.

Tapi kalau seumuran denganmu dan lawan jenis. Udah paling bener, pacarin aja pacarin. Itupun kalo dia mau sih wokwokw.

3. Ambil Hati Suaminya
Sama seperti poin nomor 2, ini juga perlu dilakukan kalau ibu-ibu tadi sudah atau masih punya suami. Cobalah kalian lihat hobi suaminnya itu apa. Misalkan melihari burung, coba kamu ikutan melihara burung, ngobrolin burung, dan tentu saja maenan burung bareng suaminnya.

Ini memang enggak begitu ampuh. Tapi biasanya, di balik ibu-ibu julid, ada suami yang tertekan. Nah bisa dah kalian berkongsi untuk gibahin ibu-ibunya.

4. Bikin Koalisi Ibu-Ibu
Ini sih cocoknya jika kalian sesama ibu-ibu. Tapi kadang juga kalau kalian cowok juga bisa. Yah kalian dengan cara apapun, cobalah buat menghasut ibu-ibu lainnya. Bikin koalisi ibu-ibu yang di dalamnya enggak ada ibu-ibu julid yang tadi. Dan dengan kekuatan yang baru, kamu bisa menahan ibu-ibu julid, bahkan kamu sekarang punya kekuatan ngejulid lebih dari dia.

Ini sih emang bikin terjadinya konflik horisontal antar ibu-ibu sih. Tapi apa salahnya dicoba kan? Siapa berpengaruh, dia yang menang.

5. Cuekin
Ini adalah cara yang paling simpel yang bisa kamu lakukan buat ngadepin ibu-ibu julid. Yaudah udah cuekin aja, nanti juga dia cape sendiri, kalau dia enggak cape-cape yaudah bodoamat cuekin aja.

Nyuekin ibu-ibu julid emang nggak mudah sih. Mulutnya yang tipis memang kerapkali membuat telinga ikut menipis. Tapi percayalah, cara terakhir ini adalah cara paling elegan.


Dan itulah tips dan trik yang bisa kalian lakukan untuk melawan ibu-ibu julid seperti ibu-ibu yang ada di Depok itu. Silakan lakukan dengan sungguh-sungguh, atau kalian punya trik lainnya, bisa tuh tulis di cangkeman.net.